Selasa, 29 Mei 2012

AKADEMI BERBAGI GARUT KELAS PERDANA DI STUDIO PROKLAMASI

Sebagian Peserta AKADEMI BERBAGI GARUT


Sabtu , 26 Mei 2012 Pukul 14.00-16.00 WIB bertempat di Studio Proklamasi Jalan Proklamasi Bojongangrek Tarogong Kidul Garut, telah dilaksanakan Klas Perdana "Akademi Berbagi (AKBER) Garut " dengan mengambil tema "Membuat dan Mengelola BLOG" dengan dipandu oleh Dede Kurniadi dosen AMIK Garut.

AKBER , sebagai gerakan sosial non provit mempunyai tujuan untuk berbagi pengetahuan , pengalaman dan menambah wawasan yang bersifat aplikatif sehingga bisa digunanakn/dimanfaatkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi di bidang apapun yang dipilihnya.

Kegiatan yang dilaksanakan AKBER berupa kelas-kelas pendek, dengan pemateri (nara sumber) yang ahli , atau juga praktisi di bidangnya masing-masing.Adapun materi yang diusung antara lain mengenai Sosial Media, Advertising, Jurnalis, Public Speaking, Finansial, Entrepeneurship, Kreatif, Musik serta fotografi.
Dengan kegiatan ini, Akber tengah mencoba untuk memberikan alternatif belajar dengan cara baru kepada masyarakat, secara gratis dan berkesinambungan.

Untuk siapakah Akademi Berbagi  : Dari - untuk - Oleh Kita.
Semua unsur pembentuknya terdiri dari Guru, Murid dan Pengelola, sebagai relawan peduli pendidikan di Indonesia.
Jaringan Akademi Berbagi  meliputi daerah Jakarta, Bandung, Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Malang, Solo, Surabaya, Madura, Bali, Ambon, Balikpapan, Belitung, Ende, Gorontalo, Jambi, Lampung, Makasar, Medan, Palembang, Palu dan kemudian Garut.


Studio Proklamasi tempat dimana kegiatan Akademi Berbagi  Perdana dilangsungkan,  diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1996 dengan kegiatan Pameran Lukisan Para Pelukis Garut. Bukan tanpa alasan kalau Studio Proklamasi membuka tangannya lebar-lebar untuk kegiatan ini, karena mempunyai visi dan misi yang sama.
Sejak diresmikan, Studio Proklamasi juga membuka kelas-kelas secara gratis dan berkesinanbungan untuk bidang senirupa, seni peran, seni sastra , seni musik, jurnalistik, Public Speaking. dan bidang seni lainnya.   Guru/Nara Sumber/Praktisi yang diundang diantaranya dari Bandung,  Jakarta juga Garut sesuai dengan kompetensi masingmasing.

Hanya saja dalam beberapa tahun terakhir sempat terhenti karena satu dan lain hal. Dalam kesehariannya Studio Proklamasi adalah sebagai studio Senirupa yang dikelola oleh pasangan Deddy Effendie (budayawan) dan Yulia Sugiarti Achdris (Pelukis/penulis) - @yeesleo









Tidak ada komentar:

Posting Komentar